SMA

Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap orang? 

Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap orang? 

Pembahasan

Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia:
1. Faktor fisik (jenis kelamin dan usia). 
Seseorang yang masih muda dan yang sudah tua baik perempuan dan laki-laki berbeda akan kebutuhan yang diinginkan. Perbedaan jenis kelamin, yaitu kebutuhan laki-laki dan perempuan tidak sama, contohnya: kebutuhan jenis pakaian laki-laki dan perempuan tidak sama.
2. Keadaan alam. 
Mengakibatkan perbedaan kebutuhan. Orang yang tinggal di daerah kutub yang luar biasa dingin membutuhkan pakaian tebal untuk menahan hawa dingin yang serasa menggigit tulang. Sedangkan kita yang tinggal di daerah tropis cukup memakai pakaian tipis. Keadaan alam mendorong manusia membutuhkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan.
3. Peradaban baru, berpengaruh terhadap kebutuhan. 
Semakin tinggi peradaban, makin tinggi pula kualitas barang yang dibutuhkan. Kebutuhan pada masa primitif jika dibandingkan dengan kondisi masyarakat kita yang sudah mengenal peradaban yang lebih tinggitentunya akan berbeda. Kebutuhan masyarakat primitif lebih menekankan kebutuhan primer, kebutuhan itu pun dipenuhi secara sederhana. Untuk makanan misalnya, mereka hanya tinggal memungut dari hutan atau sekitar tempat tinggalnya.
4. Adat istiadat dan tradisi masyarakat, berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakat. 
Misalnya tradisi upacara perkawinan, tradisi mudik lebaran, dan sebagainya. Untuk kegiatan itu tentunya juga akan berpengaruh terhadap aneka ragam kebutuhan.
5. Agama. 
Agama juga termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda. Misalnya, penganut agama Islam membutuhkan sajadah untuk salat dan dilarang mengonsumsi daging babi, sedangkan penganut agama Hindu membutuhkan sesajen dalam upacara keagamaannya dan dilarang mengonsumsi daging sapi
6. Faktor ekonomi (pendapatan). 
Pendapatan setiap orang berbeda, ada yang besar dan ada yang kecil. Pendapatan yang kecil atau tidak cukup alias pas-pasan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja seperti makan dan minum. Sedangkan kebutuhan yang lain seperti ingin punya motor atau mobil dan lain-lain belum bisa terpenuhi.
7. Faktor tingkat pendidikan. 
Faktor pendidikan sangatlah mempengaruhi karena seseorang yang kurang pendidikannya atau tidak pernah menjenjang pendidikan sama sekali akibatnya jadi pengangguran, keterampilan kurang. namun kebutuhan yang semakin lama semakin di butuhkan tidak bisa terpenuhi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button