SMA

Jelaskan globalisasi yang terjadi dalam bidang iptek di Indonesia!

Jelaskan globalisasi yang terjadi dalam bidang iptek di Indonesia!

Jawaban

Globalisasi adalah proses integrasi ke ruang lingkup dunia. Kemajuan teknologi dan transportasi, membuat hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas-batas ketatanegaraan. Kata globalisasi diambil dari global yang maknanya universal. Di era globalisasi seperti sekarang ini, kemajuan teknologi adalah pendorong utama peningkatan pendapatan dan standar hidup bagi masyarakat di manapun berada. Konvergensi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan masyarakat memerlukan globalisasi, meski tidak serta merta mengarah pada keseragaman antar negara atau lembaga masyarakat. perkembangan iptek atau ilmu pengetahuan teknologi berbeda dari satu tempat ke tempat lain bukan hanya karena masyarakatnya berbeda dalam hal tingkat perkembangan pola pikir dan pendidikan, tetapi juga karena kondisi alam yang kontras, sejarah, dan nilai-nilai budayanya. Pengetahuan dan teknologi baru tidak serta merta berkembang di mana-mana dan pada waktu yang sama. Oleh karena itu, cara teknologi menyebar ke seluruh negara merupakan inti dari bagaimana pertumbuhan global dihasilkan dan dibagikan ke seluruh negara.
Di sinilah peran globalisasi di bidang iptek perlu dipahami.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Globalisasi yang terjadi dalam bidang IPTEK di Indonesia, menjadikan segala sektor kehidupan warga negara menjadi semakin mudah. Contohnya:
1. Era globalisasi menyebabkan banyak pengusaha bisa berinvestasi secara bebas di bidang usaha dan di negara manapun, seperti perusahaan makanan asal luar negeri yang membuka cabangnya di Indonesia.
2. Kemudahan mengakses ilmu pengetahuan di internet, Tidak hanya pertukaran pelajar, globalisasi juga memudahkan manusia untuk mengakses atau mendapatkan informasi berupa ilmu pengetahuan dari internet.
3. Kerja sama internasional. Selain organisasi internasional, globalisasi di bidang politik juga menimbulkan kerja sama internasional. Kerja sama ini dapat terjalin secara bilateral ataupun multilateral.
4. Kemudahan dalam bepergian. Adanya globalisasi membantu manusia untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya yang jauh dengan menggunakan transportasi tertentu. Contohnya pesawat, kereta api, dan kapal laut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button