SMA

Mengapa Integrasi yang dibangun pada masa Sriwijaya dan Majapahit menjadi penting bagi Indonesia pada masa kini?

Mengapa Integrasi yang dibangun pada masa Sriwijaya dan Majapahit menjadi penting bagi Indonesia pada masa kini?

Pembahasan

Integrasi yang diwujudkan oleh Sriwijaya dan Majapahit penting pada masa ini dikarenakan menjadi inspirasi para tokoh pendiri bangsa dalam mewujudkan Republik Indonesia. Salah satu tokoh yang terinspirasi akan persatuan nusantara pada masa Sriwijaya dan Majapahit adalah Mohammad Yamin.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Sriwijaya pada masa kejayaanya memfokuskan kerajaannya pada perdagangan dan kekuatan maritim. Sriwijaya menguasai pelabuhan yang berfungsi dalam perdagangan internasional. Pelabuhan-pelabuhan yang dikuasai oleh Sriwijaya merupakan pelabuhan strategis dalam kancah perdagangan internasional. Didukung oleh kekuatan maritim yang kuat, Sriwijaya mampu menjadi kerajaan maritim besar pada masanya. Selain itu, untuk memperlancar perdagangan internasional, Sriwijaya juga menjalin kerjasama dengan kerajaan lain di kawasan Asia Tenggara kini.

Sedangkan Majapahit, merupakan kerajaan yang memiliki tekad penguasaan wilayah lainnya. Wilayah yang dikuasai oleh Majapahit pada masa kebesarannya tersebut, merupakan wilayah Indonesia kini. Kunci kebesaran Majapahit terletak pada kepemimpinan raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada. Selain itu, kebesarannya didukung oleh kekuatan militer yang kuat.

Dengan demikian, integrasi ini menjadi penting dikarenakan menjadi inspirasi kesatuan negara Republik Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button