SMP

Lawan kata dari bersyukur terhadap nikmat Allah adalah?

Lawan kata dari bersyukur terhadap nikmat Allah adalah?

A. Menghindari nikmat allah

B. Mengingkari nikmat allah

C. Memburu rezeki allah

D. Tidak mau mencari rezeki

Pembahasan

Secara bahasa, syukur berasal dari kata “syakara-yasykuru-syukran” yang bermakna kata “pujian karena mendapatkan sesuatu”. Rasa syukur adalah gambaran kenikmatan dan menampakannya di permukaan, ada banyak cara mengucapkan rasa syukur dalam Islami, seperti berdoa, berdzikir, dan selalu berpikir positif pada Allah SWT.

Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang pandai bersyukur. Lawan dari syukur sendiri adalah kufur nikmat, yaitu sifat enggan untuk menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang telah didapatkan adalah dari Allah Ta’ala. Manusia yang tidak pandai bersyukur akan sulit merasakan sebuah kebahagiaan.

Hal ini karena mereka selalu merasa kurang dengan apa yang mereka miliki ataupun dapatkan. Biasanya orang-orang seperti ini hanya mementingkan kebahagiaan duniawi saja, namun tidak memperdulikan hal-hal untuk akhirat. Padahal rasa syukur merupakan kunci manusia bisa hidup tenang dan bahagia.

Allah SWT berfirman dalam surat QS Ibrahim 7, yang artinya: “Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku kata Allah, niscaya aku akan menambahn nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat Ku kata Allah, maka azab ku sangatlah pedih.”

Jadi, jawaban yan benar adalah b. mengingkari nikmat Allah.

Semoga membantu ya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button