SMP

Candi Borobudur merupakan peninggalan dinasti ?

Candi Borobudur merupakan peninggalan dinasti …

A. Sanjaya
B. Syailendra
C. Pagaruyung
D. Malaka
E. Perlak

Jawaban

Candi Borobudur dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno dipimpin oleh Dinasti Syailendra. Sehingga pilihan B adalah jawaban yang paling tepat.

Pembahasan

Candi adalah bangunan kuno yang dibuat dari batu (sebagai tempat pemujaan, penyimpanan abu jenazah raja-raja, pendeta-pendeta Hindu atau Buddha pada zaman dulu); salah satu contoh candi Buddha adalah Candi Borobudur dan candi Hindu adalah Candi Prambanan. Dari sini kita bisa mengetahui ya jika candi yang akan kita bahas kali ini yaitu Candi Borobudur yang merupakan candi bercorak Buddha. Dimana fungsi dari Candi Buddha adalah sebagai tempat peribadatan bagi kaum Buddha.
Lalu siapa ya yang membangun candi Bororbudur ini ? nah untuk menjawab soal kita ini yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah kapan candi Borobudur ini dibangun ?

Candi Borobudur dibangun pada 750-824 M, candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno. Nah setelah kita mengetahui tahun dibangunnya secara tidak langsung kita dapat menegathui siapa pemimpin yang memerintah pada tahun tersebut di Kerajaan Mataram Kuno ? setelah ditelusuri pada abad ke 8 hingga abad ke 9 Masehi Kerjaan Mataram Kuno pada saat itu dibawah kepemimpinan Dinasti syailendra. Dinasti Syailendra adalah penganut Buddha, tepatnya aliran Mahayana. Krena itu Candi Borobudur berfungsi  sebagai tempat peribadatan.

Untuk menambah informasi temen temen tentang Candi Borobudur, Bentuk dari Candi Borobudur sendiri mengadopsi dari bangunan pemujaan masa Megalithik yaitu Punden Berundak. Hal ini dapat terlihat bahwa proses akulutarasi budaya antara budaya Hindu Buddha dan budaya Nusatara sudah mualai ada. Selain itu  bentuk akulturasi dapat dilihat di penggambaran relief dalam dinding candi. Dimana penggambaran reliefnya selain berisi cerita tentang sejarah dan ajaran-ajaran yang ada dalam Buddha juga dilengkapi dengan kehidupan masyarakat Nusantara seperti relief kapal bercadik dan flora dan fauna yang ada di Nusantara.

Dengan demikian Candi Borobudur dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno dipimpin oleh Dinasti Syailendra. Sehingga pilihan B adalah jawaban yang paling tepat.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button