SMA

Dalam bahasa Arab, jilbab dikenal dengan istilah khimar. Makna Jilbab dalam konteks Busana Muslimah Secara etimologi, adalah ?

Dalam bahasa Arab, jilbab dikenal dengan istilah khimar. Makna Jilbab dalam konteks Busana Muslimah Secara etimologi, adalah …

A. Pakaian perempuan yang beragama Islam
B. Sebuah pakaian wanita Islam yang menutup seluruh tubuh
C. Sebuah pakaian wanita Islam yang longgar untuk menutup seluruh tubuh perempuan kecuali muka dan kedua telapak tangan.
D. Sebuah pakaian wanita Islam yang menutupi bagian wajah (cadar)
E. Baju dengan lengan panjang yang dipakai oleh wanita muslim.

Pembahasan

Secara etimologis, jilbab berasal dari bahasa arab jalaba yang berarti menghimpun atau membawa. Istilah jilbab digunakan pada negeri-negeri berpenduduk muslim lain sebagai jenis pakaian dengan penamaan berbeda-beda. Di Iran disebut chador, di India dan Pakistan disebut pardeh, di Libya milayat, di Irak abaya, di Turki charshaf, dan tudung di Malaysia, sementara di negara Arab-Afrika disebut hijab.
Di Indonesia, penggunaan kata jilbab digunakan secara luas sebagai busana kerudung yang menutupi sebagian kepala perempuan (rambut dan leher) yang dirangkai dengan baju yang menutupi tubuh kecuali telapak tangan dan kaki.

Jadi, Jawaban yang tepat adalah C (Sebuah pakaian wanita Islam yang longgar untuk menutup seluruh tubuh perempuan kecuali muka dan kedua telapak tangan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button