SMA

Indische Partij merupakan organisasi pergerakan kebangsaan yang bertujuan ?

Indische Partij merupakan organisasi pergerakan kebangsaan yang bertujuan

A. Memajukan kebudayaan Jawa, Madura, dan Bali
B. Menyatukan seluruh warga negara Indonesia yang berada di negeri Belanda
C. Mengusahakan kemajuan yang selaras bagi bangsa dan tanah air
D. Menggalang persatuan semua orang Indonesia untuk berjuang demi kemerdekaan RI
E. Mengusahakan kerja sama antara orang Indonesia yang satu agama

Pembahasan

Indische Partij yang dalam Bahasa Indonesia berarti Partai Hindia didirikan pada tanggal 25 Desember 1912 oleh 3 serangkai yang terdiri dari para cendekiawan Hindia Belanda. Ketiga cendekiawan ini yaitu E.F.E Douwes Dekker, Dr. Cipto Mangunkusumo, dan Raden Mas Suwardi Suryaningrat alias Ki Hajar Dewantara.
Organisasi ini berdiri pada tanggal 25 Desember 1912, namun hanya bertahan selama satu tahun. Pada 4 Maret 1913, partai ini dibubarkan pemerintah karena berhaluan politik menentang Belanda. Keanggotaannya mencapai 7.000 orang hanya dalam waktu satu tahun. Indische Partij merupakan satu-satunya organisasi pergerakan yang secara terang-terangan bergerak di bidang politik dan ingin mencapai Indonesia merdeka.

Tujuan Indische Partij adalah untuk membangunkan patriotisme semua indiers terhadap tanah air. IP menggunakan media majalah Het Tijdschrifc dan surat kabar De Expres pimpinan E.F.E Douwes Dekker sebagai sarana untuk membangkitkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan dari partai ini benar-benar revolusioner karena mau mendobrak kenyataan politik rasial yang dilakukan pemerintah kolonial.

Berikut beberapa tujuan Indische Partij didirikan.
1. Membangun rasa patriotisme seluruh rakyat Indonesia terhadap Indonesia yang merupakan tanah airnya.
2. Menerapkan kerjasama yang didasarkan pada persamaan ketatanegaraan.
3. Memajukan tanah air Indonesia.
4. Mempersiapkan kehidupan rakyat Indonesia sebagai rakyat yang merdeka.

Tujuan Indische Partij adalah untuk kemerdekaan Indonesia. Indische Partij merupakan salah satu organisasi politik pertama yang memiliki tujuan untuk kemerdekaan Indoesia.

Dengan demikian, tujuan dari Indische Partij adalah menggalang persatuan semua orang Indonesia untuk berjuang demi kemerdekaan RI. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button