SMA

Unsur-unsur terpenting dari sebuah seni tari adalah ?

Unsur-unsur terpenting dari sebuah seni tari adalah ?

Pembahasan

Unsur-unsur terpenting dari sebuah seni tari adalah : Wirama (irama), Wiraga (raga), Wirasa (rasa).
Mari kita simak penjelasan di bawah. mengenal tiga usnur tari yang sudah cukup populer yakni :
1. Wirama(irama) Setiap seni tari pasti membutuhkan irama untuk mengiringi gerakan yang dilakukan oleh penari. Dengan adanya musik tersebutlah suatu gerakan yang dilakukan oleh penari akan menjadi lebih bermakna dan lebih indah karena antara dan musik akan menjadi satu kesatuan yang menciptakan suasana yang indah dan mempesona.
2. Wiraga (raga) Tidak tidak penting dari sebuah seni tari yang juga tidak boleh tertingal yakni wiraga yang dalam bahasa Jawa diartikan sebagai raga. Dalam konteks seni tari wiraga yang dimaksud sebagai gerakan. Di mana tarian memang harus menunjukkan dan menonjolkan gerakan tubuh yang estetis, ritmis, dan juga dinamis.
3. Wirasa (rasa) Salah satu hal yang paling penting dari sebuah seni tari yakni adanya wirasa atau rasa. Hal ini menandakan bahwa seni tari membutuhkan gerakan serta ekspresi yang dapat menyampaikan suasana atau pesan yang dibawakan penari kepada penonton.
Oleh karena itu penari perlu menjiwai serta mengekspresikan tarian yang dibawakannya melalui pendalaman karakter, atau melalui mimik wajah yang ditunjukkan pada saat pementasan.

Dengan demikian, Unsur-unsur terpenting dari sebuah seni tari adalah : Wirama (irama), Wiraga (raga), Wirasa (rasa).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button