SMP

Hasil kebudayaan zaman mesolithikum…

Hasil kebudayaan zaman mesolithikum…

Pembahasan

Zaman Mesolitikum merupakan zaman batu yang berlangsung antara periode Paleolitikum dan Neolitikum. Zaman Mesolitikum dikenal juga sebagai Zaman Batu Tengah atau Batu Madya. Di Indonesia, peninggalan dari Zaman Mesolitikum dapat ditemukan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Flores. Beberapa hasil kebudayaan yang ditemukan adalah.

  1. Kjokkenmoddinger yang berasal dari bahasa Denmark, kjokken berarti dapur dan modding yang artinya sampah. Kjokkenmoddinger adalah tumpukan sampah dapur berupa kulit siput dan kerang yang menggunung dan tingginya bisa mencapai 7 meter. Peninggalan ini ditemukan di sepanjang pantai timur Sumatera, antara Langsa di Aceh hingga Medan. Diduga, Kjokkenmoddinger telah menumpuk dari generasi ke generasi karena masyarakatnya mulai menetap di sekitar pantai.
  2. Zaman Mesolitikum juga dikenal karena kebudayaan abris sous roche, atau hasil kebudayaan yang ditemukan di goa-goa. Penemuan ini mengindikasikan bahwa manusia purba yang mendukung kebudayaan ini tinggal di goa-goa. Abris sous roche pertama kali dilakukan penelitian oleh Von Stein Callenfels di Goa Lawa dekat Sampung, Ponorogo, pada 1928-1931. Kebudayaan abris sous roche juga ditemukan di Besuki (Bojonegoro) dan di daerah Sulawesi Selatan seperti Lamoncong.
  3. Pada 1925, Von Stein Callenfels melakukan penelitian di bukit kerang yang berada di sepanjang pantai timur Sumatera. Dari lokasi tersebut, ditemukan kapak genggam yang berbeda dari chopper di periode Paleolitikum. Kapak genggam tersebut kemudian diberi nama pebble, atau dikenal sebagai kapak Sumatera. Pebble terbuat dari batu kali yang pecah dan sisi luarnya dibiarkan kasar, sementara bagian dalamnya dikerjakan sesuai kebutuhan pemakainya.
  4. Batu pipisan yang ditemukan di Jawa menjadi tanda bahwa manusia Zaman Mesolitikum telah menumbuk makanan mereka. Peninggalan ini berupa sejenis alat penggiling yang memiliki landasan. Selain itu, batu pipisan juga dipakai untuk menghaluskan cat-cat merah yang berasal dari tanah.
  5. Peninggalan dari Zaman Mesolitikum yang dianggap sebagai hasil kebudayaan tertinggi mereka adalah berupa lukisan gambar berwarna dari seekor babi hutan yang sedang berlari. Sementara di beberapa goa lainnya, ditemukan gambar-gambar cap tangan berwarna merah. Hasil kebudayaan ini ditemukan di Goa Leang-Leang di Sulawesi Selatan.

Dengan demikian, hasil kebudayaan Zaman Mesolitikum yang ditemukan adalah Kjokkenmoddinger, abris sous roche, kapak genggam/ pebble, batu pipisan, dan lukisan babi hutan.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button